Selasa, 26 Januari 2016

Angle to Momentum ( A to M ) for energy ( N to Y ) in file to life

Bunyi Hukum Kekekalan momentum sudut dan rumusnya .

Kekekalan momentum sudut adalah salah satu konsep fundamental dalam fisika, bersama dengan kekekalan energi dan kekekalan momentum linear. Hukum Kekekalan momentum sudut menyatakan bahwa total momentum sudut sistem harus tetap sama, yang berarti kekal.
Kekekalan momentum sudut
Momentum sudut adalah besaran vektor, yang berarti bahwa itu didefinisikan oleh besarnya dan arah, sehingga kekekalan momentum sudut juga melibatkan vektor.

Kekekalan momentum sudut berlaku untuk sistem di mana total torsi yang diterapkan 0. Torsi adalah gaya rotasi, seperti putarab. Untuk menentukan apakah kekekalan momentum sudut berlaku, jumlah dari momentum sudut dalam sistem sebelum dan setelah perubahan dijumlahkan bersama. Jika momentum sudut setelah dikurangi perubahan yang sebelum perubahan sama dengan 0, momentum sudut itu kekal.
Momentum sudut, sering diwakili oleh huruf L dalam persamaan, adalah besaran dari momen inersia dan kecepatan sudut dari suatu benda. Momen inersia, biasanya diwakili oleh huruf I, adalah ukuran resistensi benda terhadap perubahan rotasi. Momen inersia adalah fungsi dari massa dan bentuk benda. Satuan dari momen inersia adalah luas kali massa, tetapi rumus yang tepat untuk momen inersia tergantung pada bentuk benda. Buku teks Fisika dan teknik sering memasukan gambar dengan rumus untuk momen inersia beberapa bentuk benda yang umum untuk membantu dalam perhitungan.
Kecepatan sudut dari sebuah benda diukur dalam radian per detik dan biasanya diwakili oleh huruf Yunani omega. Kecepatan sudut dihitung dengan membagi komponen vektor kecepatan yang tegak lurus dengan jari-jari gerak dengan jari-jari. Dalam prakteknya, hasilnya sering dicapai dengan mengalikan besarnya vektor kecepatan dengan sinus dari sudut vektor dan membaginya dengan besarnya jari-jari.
Untuk menemukan momentum sudut dari suatu benda, momen inersia dikalikan dengan kecepatan sudut. Karena keduanya adalah besaran vektor, kekekalan momentum sudut juga harus melibatkan besaran vektor. Perkalian Vektor dilakukan untuk menghitung momentum sudut, L = I * w.
Jika benda yang momentum sudutnya sedang dihitung adalah partikel yang sangat kecil, dapat dihitung dengan menggunakan persamaan L = m * v * r. Dalam persamaan ini, m adalah massa partikel, v adalah komponen vektor kecepatan yang tegak lurus dengan jari-jari gerak, dan r adalah panjang jari-jari. Jumlah dalam persamaan ini semuanya adalah skalar, dan tanda positif atau tanda negatif digunakan untuk menunjukkan arah rotasi.

Penjelasan Hukum Kekekalan Momentum dalam tumbukan

Para Skaters ini saling berlomba di jalan. Skater di baris pertama, yang satu di sebelah kiri, terganggu oleh sesuatu yang dilihatnya.  Dia mulai melambat tanpa menyadarinya. Skater yang ada di belakangnya tidak memperhatikan dan terus berjalan dengan kecepatan yang sama. 

balap skater 

Q: Dapatkah Anda menebak apa yang terjadi selanjutnya?
A: Skater 2 berlari ke skater 1.

Kekekalan Momentum

Ketika skater 2 berjalan ke skater 1, dia akan lebih cepat dari skater 1 sehingga ia memiliki momentum lebih besar. Momentum adalah properti dari benda yang bergerak yang membuatnya sulit untuk berhenti. Momentum adalah hasil kali dari massa benda dan kecepatan. Pada saat tabrakan, skater 2 transfer beberapa momentum ke skater 1, yang menumbuk ke depan ketika skater 2 berjalan menghampirinya. Setiap kali aksi dan reaksi seperti ini terjadi, momentum ditransfer dari satu benda ke yang lain. Namun, momentum gabungan dari benda tetap sama. Dengan kata lain, momentum adalah kekal. Ini adalah hukum kekekalan momentum.

Modeling Momentum

Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana momentum adalah kekal dalam tumbukan dua skaters. Total momentum adalah sama setelah tabrakan seperti itu sebelumnya. Namun, setelah tumbukan, skater 1 memiliki momentum lebih besar dan skater 2 memiliki momentum kurang dari sebelumnya.

hukum kekekalan momentum

hukum kekekalan momentum
Q: Bagaimana jika dua skaters terjadi tumbukan? Apakah Anda pikir momentum adalah kekal itu?
A: Seperti dalam semua aksi dan reaksi, momentum juga kekal dalam tumbukan. Anda dapat melihat bagaimana di URL ini:
http://www.physicsclassroom.com/mmedia/momentum/cthoi.cfm
Ringkasan
Setiap kali aksi dan reaksi terjadi, momentum ditransfer dari satu benda ke yang lain. Namun, momentum total akan kekal. Ini adalah hukum kekekalan momentum.

Pengertian dan rumus Kecepatan Linier dan Anguler


Pernahkah Anda naik kereta luncur kincir vertikal, atau piringan yang berputar? Mengapa Anda tidak terpental ke luar? Dalam kesempatan ini saya akan mencoba membahas beberapa contoh gerak melingkar dan gaya yang menyebabkan Anda tidak terpental dari kereta luncur yang sedang berputar.
Contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari adalah berputarnya roda sepeda atau roda kendaraan hermotor. Sebuah benda dikatakan melakukan gerak melingkar beraturan jika lintasan dari benda berupa lingkaran dan kelajuan benda itu konstan. Contoh lain dari gerak melingkar beraturan adalah kincir air dan kereta luncur di taman-taman hiburan.
Coba anda perhatikan Gambar dibawah ini!


Sebuah benda bermassa m diikat dengan seutas tali yang panjangnya R. Benda ditempatkan di atas meja yang licin kemudian diputar. Diasumsikan benda dapat melakukan gerak melingkar beraturan.
Walaupun kelajuan benda pada setiap posisi dapat tetap, tetapi kecepatan tidak sama. Hal ini disebabkan kecepatan merupakan besaran vektor. Pada setiap posisi, arah vektor kecepatannya (arah v1 dan v2 tidak sama) berubah.
Lalu coba anda perhatikan gambar berikutnya!


Walaupun nilai v1 dan v2 adalah sama. Jadi, dalam kesempatan ini kita hanya akan membicarakan gerak melingkar beratuan, yaitu gerak melingkar dengan laju konstan.

Laju Linier

Perhatikanlah Gambar dibawah ini!


Sebuah partikel bergerak melingkar menempuh lintasan sepanjang keliling lingaran 2 p R dengan kelajuan tetap v, jari-jari lintasannya R, dengan waktu putar atau periode T.
Waktu yang diperlukan oleh sebuah titik untuk melakukan satu kali lingkaran penuh dari titik A kembali ke titik A lagi adalah T, yang disebut dengan satu periode. Panjang lintasan yang ditempuh adalah s, atau satu keliling lingkaran. Sedangkan frekuensi f adalah banyaknya lingkaran penuh yang dapat dilakukan dalam waktu satu sekon. Jadi, frekuensi merupakan kebalikan dari periode.
Laju linier partikel v dapat dituliskan sebagai berikut:



atau,
v = 2p R F
dengan
T = waktu untuk melakukan satu kali putaran (sekon)
F = jumlah putaran yang dilakukan dalam satu sekon (Hz)
Hubungan antara T dengan F adalah:


Contoh 1 :
Sebuah benda bergerak melingkar beraturan. Dalam waktu 10 sekon dapat melakukan lima puluh kali lingkaran penuh. Tentukan periode dan frekuensi dari gerak benda tersebut?
Jawab:
Dengan menggunakan persamaan:

Frekueensi putarannya:

Contoh 2:
Sebuah bola diikat dengan seutas tali, bergerak melingkar beraturan dalam suatu lingkaran dengan jari-jari 0,5 meter. Bola melakukan 2 kali putaran setiap detiknya. Berapakah kecepatan linier bola itu?
Jawab:
Diketahui:


R = 0,5
Maka,

Maka,

Kecepatan Anguler

Dari Gambar dibawah ini!

Terlihat pada gerak melingkar beraturan, besar sudut yang ditempuh (q) oleh partikel A untuk selang waktu (Dt) yang sama senantiasa tetap. Besar sudut dapat dinyatakan dalam radian.

Karena selama satu periode (T) besar sudut yang ditempuh oleh R adalah 2p rad atau 360°, maka kecepatan sudut (anguler) yang diberi lambang w dapat dituliskan menjadi:

dapat dihitung dari gerakan satu lingkaran penuh:


dengan:
w = kecepatan anguler (radian/sekon atau disingkat rad/s)
T = periode (sekon)
Kelajuan anguler selain bersatuan rad/s, dapat pula bersatuan putaran/menit yang disebut dengan cpm artinya cycles per minutes. Satuan lainnya adalah cps singkatan dari cycles per second. Satuan lainnya yang sering digunakan di dalam menentukan kelajuan putaran dari sebuah mesin adalah rpm, singkatan dari rotation per minutes (rotasi per menit).

Hubungan Laju Linier dengan Kecepatan Anguler

Perhatikan kembali persamaan berikut!

Dan

Gabungan kedua persamaan tersebut akan menjadi,

dengan:
v = kecepatan linier, bersatuan m/s,
w = kecepatan anguler, bersatuan rad/s,
R – = jari-jari, bersatuan meter.
Jika dihubungkan satuan-satuan besaran tersebut akan diperoleh:
(rad/s) . (m) = (meter/s) karena radian tidak berdimensi.
Coba anda Perhatikan Gambar dibawah ini!





Sebuah piringan lingkaran dengan jari-jari R, pusatnya, yaitu O berfungsi sebagai poros sumbu putar. Titik P terletak di pinggir piringan dan Q tepat berada di tengah-tengah antara O dan P.
Bagaimanakah laju linier dan kecepatan anguler yang dimiliki oleh titik P dan Q?
Setiap titik pada piringan akan mempunyai kecepatan anguler yang sama, wp, = wQ tetapi laju liniernya berbeda. Semakin jauh dari titik pusat lingkaran, panjang lintasan yang ditempuh dalam waktu satu periode adalah semakin panjang. Hal ini berarti, titik yang berada pada pinggir piringan
akan menempuh lintasan yang lebih panjang dibandingkan titik-titik yang lainnya dalam selang waktu yang sama. ini berarti, laju linier di pinggir lebih besar dari pada besarnya laju linier titik pada bagian yang lebih dalam.
Maka, wP = wQ


Sehingga didapatkan laju linier titik P adalah dua kali kecepatan linier titik Q, dan keduanya mempunyai kecepatan anguler yang sama.

Perbedaan Momentum dan Inersia

Baik momentum dan inersia adalah komponen dasar fisika. Momentum adalah komponen dari mekanika klasik yang mengacu pada hasil kali antara massa dan kecepatan dari benda tertentu.
Inersia, di sisi lain, adalah komponen dari fisika klasik yang mengacu pada ketahanan benda fisik untuk berubah apakah itu bergerak atau saat diam. Momentum dapat lebih sebanding dengan kecepatan karena memiliki arah dan besarnya. Sementara itu, inersia adalah menerapkan perlawanan terhadap gerakan tertentu di mana berat benda bisa dimasukkan sebagai faktor yang bisa memberikan perlawanan. Dalam hal prinsip yang dirumuskan oleh Isaac Newton, inersia adalah hukum pertama tentang gerak sementara momentum berada di bawah hukum kedua gerak.
Momentum memperhitungkan berat dan kecepatan benda. Jika diberi jumlah tetap gaya dan kecepatan, tidak ada cara sehingga momentum suatu benda dapat dihentikan kecuali juga dihentikan oleh kekuatan yang sama di ujung lain. Di sinilah inersia masuk dalam pembicaraan. Inersia menggali lebih ke dalam perlawanan diterapkan oleh benda tertentu sedangkan momentum menggali lebih dalam kelangsungan gerak berkaitan dengan massa dan kecepatan.
Salah satu resistensi yang inersia perhitungkan adalah gravitasi. Inersia dalam benda tertentu adalah berat, gaya yang diterapkan pada benda itu, dan yang menjadi resistensinya adalah gravitasi. Saat gaya diterapkan pada benda, katakanlah bola, itu lebih mungkin akan jatuh saat kita membuangnya karena ada gravitasi. Resistensi lain yang diperhitungkan dari inersia adalah gesekan. Kita tahu betul bahwa gesekan dapat mempengaruhi gerak suatu benda. Misalnya, sebuah truk yang melaju kencang dalam gerakan konstan 100 mph. Truk ini hanya akan melambat kecuali ada gesekan yang diterapkan padanya yang bisa jadi dalam bentuk rem dan, tentu saja, medan.
Dalam momentum ada hal seperti kekekalan momentum. Ini berarti bahwa massa dan kecepatan benda bergerak tidak berubah kecuali ada gaya yang menghentikannya. Di sisi lain, inersia akan bergantung pada berat benda setiap kali diam. Jika itu bergerak, itu akan mempertimbangkan resistensi tersebut.
Perbedaan Momentum dan Inersia
Perbedaan Momentum dan Inersia
Ringkasan:
  1. Momentum merupakan bagian dari mekanika klasik sementara inersia adalah fisika klasik.
  2. Momentum melibatkan gerakan sementara inersia melibatkan perlawanan terhadap gerakan.
  3. Momentum memperhitungkan berat benda dan kecepatan sementara inersia memperhatikan gravitasi dan gesekan.
  4. Momentum tidak bisa dihentikan kecuali ada penerapan resistensi sementara inersia dapat dihentikan.


Penjelasan Hukum gerak Newton I (pertama)

Hukum pertama Newton tentang gerak menyatakan bahwa sebuah benda diam akan tetap diam dan benda bergerak akan tetap bergerak kecuali bertindak gaya lain yang tidak seimbang. Menggunakan gaya yang tidak seimbang untuk mengontrol gerakan skateboard menunjukkan hukum pertama Newton tentang gerak.
Tidak ada keraguan dari wajah Toni bahwa ia mencintai skateboard! Toni dan teman-temannya sedang mengisi kesempatan berlibur yang mereka dapatkan dengan bermain skateboard. Mereka mungkin tidak tahu, tapi saat mereka bersenang-senang dengan skateboard mereka, mereka benar-benar menerapkan konsep ilmu seperti gaya dan gerak.toni main

Memulai dan Menghentikan

Apakah Anda pernah naik skateboard? Bahkan jika Anda tidak, Anda mungkin tahu bahwa untuk memulai menggulir skateboard di atas permukaan lantai, Anda perlu mendorong dengan satu kaki terhadap tanah. Itulah yang dilakukan toni dan temannya Nina pada gambar di bawah ini.
laura
Apakah Anda tahu bagaimana untuk menghentikan skateboard setelah mulai bergulir? Lihatlah bagaimana Laura melakukannya dalam Gambar di atas. Dia mundur di belakang skateboard sehingga mengores di trotoar. Hal ini menciptakan gesekan, yang menghentikan skateboard.
Bahkan jika Laura tidak mencoba untuk menghentikan skateboard, itu akan berhenti cepat atau lambat. Itu karena juga ada gesekan antara roda dan trotoar. Gesekan adalah gaya yang melawan segala macam gerak. Gaya gesekan terjadi setiap kali dua permukaan bersentuhan.

Hukum Newton Pertama

Jika Anda memahami bagaimana memulai dan menghentikan skateboard, maka Anda sudah tahu sesuatu tentang hukum pertama Newton tentang gerak. Hukum ini dikembangkan oleh ilmuwan Inggris Isaac Newton sekitar tahun 1700. Newton adalah salah satu ilmuwan terbesar sepanjang masa. Dia mengembangkan tiga hukum gerak dan hukum gravitasi, di antara banyak kontribusi lainnya.
Hukum pertama Newton tentang gerak menyatakan bahwa sebuah benda diam akan tetap diam dan benda bergerak akan tetap bergerak kecuali ada gaya lain yang mempengaruhi gerak. Tanpa gaya lain, benda yang sedang bergerak bukan hanya akan terus bergerak, tapi kecepatan dan arah juga akan tetap sama. Hukum pertama Newton tentang gerak sering disebut hukum inersia karena inersia adalah kecenderungan suatu benda untuk menolak perubahan dalam gerakannya. Jika suatu benda sudah diam, inersia akan tetap diam. Jika suatu benda sudah bergerak, inersia akan tetap bergerak.
Apa Anda mengerti kenapa hal ini terjadi?
Q: Bagaimana Nina menggunakan hukum pertama Newton untuk memulai menggulir skateboard-nya?
A: skateboard tidak akan bergerak kecuali Nina mendorong pada trotoar dengan satu kaki. Gaya yang dia berikan ketika dia mendorong lebih kuat dari gaya gesekan yang melawan gerakan skateboard ini. Akibatnya, gaya pada skateboard menjadi tidak seimbang, dan skateboard bergerak maju.
Q: Bagaimana Nina menggunakan hukum pertama Newton untuk menghentikan skateboard-nya?
A: Setelah skateboard mulai bergerak, itu akan terus bergerak pada kecepatan yang sama dan arah yang sama jika tidak ada gaya lain yang mepengaruhi. Gaya gesekan antara skateboard dan trotoar. Gaya gesekan akan melawan gaya yang diberikan oleh Nina pertama tadi dan akan menghentikannya karena Nina tidak lagi mendorong dengan kakinya untuk menjaga skateboardnya tetap bergerak. Itu sebabnya skateboard berhenti.

Mengubah Arah

Teman Toni yaitu Jerod suka meluncur ke atas di tepi jalan datar. Saat ia mencapai puncak, ia membalik skateboard untuk kembali turun. Untuk mengubah arah, ia menekan ke bawah dengan tumitnya pada salah satu ujung skateboard. Hal ini menyebabkan skateboard untuk mengubah ke arah pada arah yang berlawanan.
Apakah Anda mengerti kenapa hal ini terjadi?
Q: Bagaimana Jerod menggunakan hukum pertama Newton tentang gerak untuk mengubah arah dari skateboard?
A: Menekan ke bawah hanya pada satu sisi skateboard menciptakan gaya yang tidak seimbang. Gaya yang tidak seimbang menyebabkan skateboard untuk beralih ke sisi yang lain. Dalam gambar, Jerod menekan ke bawah dengan tumitnya, sehingga skateboard berubah ke arah jari-jari kakinya.
mengubah arah
Ringkasan
Hukum pertama Newton tentang gerak menyatakan bahwa sebuah benda diam akan tetap diam dan benda bergerak akan tetap bergerak kecuali bertindak gaya lain yang tidak seimbang. Menggunakan gaya yang tidak seimbang untuk mengontrol gerakan skateboard menunjukkan hukum pertama Newton tentang gerak.


Penjelasan hukum kedua newton tentang gerak

Anak-anak ini berlomba di trek dengan menggunakan sepatu roda untuk mencari siapa yang tercepat. Anak laki-laki yang dapat meningkatkan kecepatan paling besar akan memenangkan perlombaan.
selo , yang paling dekat dengan kamera di foto ini, lebih besar dan lebih kuat dari dua anak laki-laki lainnya, sehingga ia dapat menerapkan gaya yang lebih besar pada sepatu nya.balap sepatu roda
Q: Apakah ini berarti bahwa selo akan memenangkan perlombaan?
A: Belum tentu, karena gaya bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi percepatan.

Gaya, massa, dan Percepatan

Setiap kali sebuah benda bergerak mempercepat, memperlambat, atau mengubah arah, akan timbul percepatan. Percepatan terjadi setiap kali sebuah gaya tidak seimbang bertindak pada benda. Dua faktor yang mempengaruhi percepatan suatu benda adalah: gaya total yang bekerja pada benda dan massa benda. Hukum kedua Newton tentang gerak menggambarkan bagaimana gaya dan massa mempengaruhi percepatan. Hukum kedua Newton menyatakan bahwa percepatan suatu benda sama dengan gaya total yang bekerja pada benda dibagi dengan massa benda. Hukum kedua Newton dapat diwakili oleh persamaan:
percepatan = gaya total : massa
Q: Ketika selo memulai balapan bersama dengan sepatu rodaya, apa gaya total yang bekerja pada sepatu?
A: selo memberikan gaya mundur terhadap tanah, seperti yang Anda lihat pada Gambar di bawah, pertama dengan satu sepatu roda meluncur dan kemudian dengan lainnya. Gaya ini mendorong dia maju. Meskipun gaya gesekan malawan gerakan maju dari sepatu, itu lebih lemah dari gaya yang diberikan selo. Oleh karena itu, ada gaya total ke depan pada sepatu.


memulai balap

Hubungan sebanding dan terbalik

Hukum kedua Newton menunjukkan bahwa ada hubungan sebanding antara gaya dan percepatan. Semakin besar gaya yang diterapkan pada suatu benda dengan massa m, semakin besar benda akan mempercepat. Sebagai contoh, dua kali lipat gaya pada benda akan menggandakan percepatannya.
Hubungan antara massa dan percepatan berbeda. Ini adalah hubungan terbalik. Dalam hubungan terbalik, ketika salah satu variabel meningkat, variabel lainnya akan menurun. Semakin besar massa suatu benda, semakin sedikit akan mempercepat ketika gaya diberikan diterapkan. Sebagai contoh, penambahan dua kali lipat massa sebuah benda akan menurunkan setengah dari percepatan benda semula.
Q: selo memiliki massa yang lebih besar dibandingkan dengan dua anak laki-laki yang lain yang ikut balap (digambarkan dalam gambar pembuka). Bagaimana ini akan mempengaruhi percepatan nya di trek?
A: massa selo lebih besar akan menghasilkan percepatan yang kurang untuk sejumlah gaya yang sama.
Ringkasan
Hukum kedua Newton tentang gerak menyatakan bahwa percepatan suatu benda sama dengan gaya total yang bekerja pada benda dibagi dengan massa benda. Menurut hukum kedua, ada hubungan sebanding antara gaya dan percepatan dan hubungan terbalik antara massa dan percepatan.



Perbedaan Massa dan berat

Dalam fisika, massa dan berat didefinisikan berbeda ketika berhubungan dengan keadaan materi meskipun, dalam bahasa biasa, istilah ini sering digunakan secara bergantian.
Massa adalah properti dari benda atau massa akan cenderung untuk mempertahankan kondisi saat istirahat atau gerak. Berat adalah gaya yang dihasilkan ketika gaya gravitasi bumi bertindak atas suatu benda atau massa.
Massa tetap konstan (kecuali benda bergerak pada kecepatan tertentu terkait dengan pengamat), tetapi berat terus berubah sesuai dengan kekuatan perubahan gravitasi. Perjalanan ruang angkasa adalah contoh terbaik untuk menggambarkan perbedaan antara massa dan berat. Di ruang angkasa, tidak ada gravitasi sehingga benda mengapung sekitar dan memperoleh berat nol. Namun, benda terus memiliki massa dan upaya ekstra diperlukan oleh astronot untuk menahan benda-benda atau untuk memindahkan mereka ke sekitar.
Massa mendefinisikan ruang dan volume yang ditempati oleh benda sedangkan berat adalah manifestasi dari beban benda dalam kaitannya dengan tarikan gravitasi. Semua benda di bumi tunduk pada tarikan gravitasi. Gaya gravitasi bervariasi sesuai dengan ketinggian dan lintang tapi Konferensi Umum tentang Berat & Ukuran tetap memiliki nilai standar untuk tarikan gravitasi untuk memastikan kesesuaian berat di seluruh dunia.
Juga, ketika tenggelam, benda berat berkurang karena daya apung menentang gaya gravitasi namun massa benda tetap tidak berubah dan terus menggusur sejumlah volume yang terkait cairan yang merendam. Oleh karena itu, benda dengan massa yang sama tetapi kepadatan yang berbeda akan menggantikan volume yang berbeda dari cairan ketika terendam dan karena itu memiliki kapasitas daya apung dan berat yang berbeda.
Perbedaan Massa dan berat
Perbedaan Massa dan berat
Namun, teknik dan ilmu pengetahuan profesional terus mempertahankan perbedaan yang tegas antara massa dan berat dan perhitungan lebih teliti dari berat untuk memastikan ketepatan dalam pekerjaan mereka.


Pengertian Massa dalam fisika

Massa, dalam fisika, menyatakan kuantitas materi dalam zat terlepas dari volume atau setiap gaya yang bekerja padanya. Konsep modern massa diperkenalkan oleh Sir Isaac Newton (1642-1727) dalam penjelasan gravitasi dan inersia yang dikembangkannya. Menurut teori relativitas khusus, massa tidak sepenuhnya konstan tetapi meningkat bersama kecepatan
  
Istilah massa tidak harus bingung dengan berat benda, yang merupakan ukuran gaya gravitasi yang bekerja pada tubuh. Dalam kondisi tertentu massa benda biasa dapat dianggap konstan, tetapi, berat, tidak konstan, karena gaya gravitasi bervariasi dari satu tempat ke tempat. Pengertian satu kilogram adalah massa dari sebuah kilogram standar yang terbuat dari platina iridium berwujud tabung yang disimpan di Sevres, Perancis. Pengertian massa satu kilogram yang lain adalah massa 1 liter air murni pada suhu 4°C.
Ada dua cara yang mengacu massa, tergantung pada hukum fisika yang mendefinisikannya: ada massa gravitasi dan massa inersia. Massa gravitasi benda dapat ditentukan dengan membandingkan benda pada balok keseimbangan dengan satu set massa standar; dengan cara ini faktor gravitasi dihilangkan. Massa inersia benda adalah ukuran resistensi benda terhadap percepatan oleh beberapa kekuatan eksternal. Satu benda memiliki dua kali lebih banyak massa inersia dari benda yang lain jika ia mendapatkan dua kali lipat kekuatan bertentangan dengan percepatan yang sama. Semua bukti tampaknya menunjukkan bahwa massa gravitasi dan inersia benda adalah sama, sebagaimana yang dituntut oleh prinsip kesetaraan relativitas Einstein, sehingga di lokasi yang sama sama (inersia) massa memiliki bobot yang sama. Karena nilai numerik untuk massa tubuh adalah sama di mana saja di dunia, digunakan sebagai dasar acuan bagi banyak pengukuran fisik, seperti densitas dan kapasitas panas.
Sebagai contoh, seseorang yang mengangkat benda berat di Bumi dapat mengasosiasi berat benda tersebut dengan massanya. Asosiasi ini dapat diterima untuk benda-benda yang berada di Bumi. Namun apabila benda tersebut berada di Bulan, maka berat benda tersebut akan lebih kecil dan lebih mudah diangkat namun massanya tetaplah sama.
Tubuh manusia dilengkapi dengan indera-indera perasa yang membuat kita dapat merasakan berbagai fenomena-fenomena yang diasosiasikan dengan massa. Seseorang dapat mengamati suatu objek untuk menentukan ukurannya, mengangkatnya untuk merasakan beratnya, dan mendorongnya untuk merasakan gaya gesek inersia benda tersebut. Penginderaan ini merupakan bagian dari pemahaman kita mengenai massa, namun tiada satupun yang secara penuh dapat mewakili konsep abstrak massa. Konsep abstrak bukanlah berasal dari penginderaan, melainkan berasal dari gabungan berbagai pengalaman manusia.
Konsep modern massa diperkenalkan oleh Sir Isaac Newton (1642-1727) dalam penjelasan gravitasi dan inersia yang dikembangkannya. Sebelumnya, berbagai fenomena gravitasi dan inersia dipandang sebagai dua hal yang berbeda dan tidak berhubungan. Namun, Isaac Newton menggabungkan fenomena-fenomena ini dan berargumen bahwa kesemuaan fenomena ini disebabkan oleh adanya keberadaan massa.
Menurut teori relativitas khusus, massa tidak sepenuhnya konstan tetapi meningkat dengan kecepatan sesuai dengan rumus m = m0/1 – v2 / c2, dimana m0 adalah massa seluruh benda, v adalah kecepatan , dan c adalah kecepatan cahaya dalam ruang hampa. Peningkatan massa, tidak menjadi cukup sampai kecepatan yang sangat besar tercapai. Seluruh massa benda adalah massa pada kecepatan nol. Teori relativitas khusus juga mengarah hubungan Einstein antara massa-energi, E = mc2, di mana E adalah energi, dan m dan c adalah masing-masing massa (relativistik) dan kecepatan cahaya. Karena kesetaraan massa dan energi, hukum kekekalan energi diperluas untuk menyertakan massa dan bentuk energi.

Hukum kekekalan energi dan massa dalam reaksi inti

Ini sangat sederhana dan anak-anak pun dapat memahaminya! Nah, tidak benar-benar seperti itu, tapi persamaan terkenal Einstein adalah cukup sederhana:
persamaan Einstein
E = mc2. Apakah Anda tahu apa artinya dan mengapa itu begitu terkenal?

Persamaan Einstein

Persamaan Einstein mungkin adalah persamaan yang paling terkenal sepanjang masa yang diperkenalkan di awal 1900-an. Ada alasan untuk itu. Persamaan adalah sangat penting. Ini mengubah bagaimana para ilmuwan melihat energi dan materi, yang merupakan dua konsep yang paling dasar dalam semua ilmu pengetahuan.
Persamaan ini menunjukkan bahwa energi dan materi adalah dua hal dengan bentuk yang sama. Hebatnya, ide ini telah bertahan dalam ujian waktu karena semakin banyak bukti telah dikumpulkan untuk mendukungnya.
Q: Apakan penjelasan tiap huruf dalam persamaan Einstein?
A: E singkatan energi, m singkatan massa, dan c adalah singkatan dari kecepatan cahaya.
Kecepatan cahaya adalah 300.000 kilometer (186.000 mil) per detik, sehingga c2 adalah angka yang sangat besar. Oleh karena itu, jumlah energi bahkan untuk massa yang kecil dari materi adalah luar biasa. Anggaplah, misalnya, bahwa Anda memiliki 1 gram materi. Itu sekitar massa penjepit kertas. Kalikan massa ini dengan c2 akan menghasilkan energi yang cukup untuk daya 3.600 rumah selama satu tahun!

Massa dan Energi dalam Reaksi Nuklir

Persamaan Einstein membantu ilmuwan memahami apa yang terjadi dalam reaksi nuklir dan mengapa mereka menghasilkan begitu banyak energi. Ketika inti radioisotop mengalami fisi atau fusi dalam reaksi nuklir, akan kehilangan sejumlah kecil massa. Apa yang terjadi dengan massa yang hilang? Hal ini tidak benar-benar hilang sama sekali. Tetapi ini diubah menjadi energi. Berapa banyak energi? E = mc2. Perubahan massa kecil, tetapi menghasilkan banyak energi.
Q: Dalam reaksi nuklir, penurunan massa dan meningkatkan energi. Bagaimana dengan hukum kekekalan massa dan kekekalan energi? Apakah massa dan energi tidak kekal dalam reaksi nuklir? Apakah kita perlu membuang hukum ini ketika berbicara dalam reaksi nuklir?
A: Tidak, hukum masih berlaku. Namun, itu lebih tepat untuk mengatakan bahwa jumlah massa dan energi selalu kekal dalam reaksi nuklir. Massa berubah menjadi energi, tetapi jumlah total massa dan energi dikombinasikan tetap sama.
Ringkasan
Persamaan Einstein, E = mc2, menunjukkan bahwa materi dan energi adalah dua bentuk hal yang sama. Hal ini juga menunjukkan bahwa ada sejumlah besar energi (E) dalam massa kecil (m) dari materi. Dalam reaksi nuklir, massa berubah menjadi energi, tetapi jumlah total massa dan energi bersama-sama tidak berubah.

Partikel Dasar Penyusun Atom dan Diagram Orbital

Dari beberapa teori tentang model atom disimpulkan bahwa suatu atom terdiri dari proton, elektron, dan neutron. Di mana elektron tersebut mengelilingi inti atom dan menempati lintasan pada tlngkat energy tertentu.
Jumlah proton dalam inti sama dengan jumlah elektron yang mengelilingi Inti sehingga atom bersifat netral. Dengan demikian, atom terdiri atas proton, neutron, dan elektron.
Tabel 1. Partikel Dasar Penyusun Atom
Partkel Lambang Massa (gr) Penemu
Proton 1 1P 1,673 x 10-24 Goldstein
Neutron 0 1n 1,675 x 10-24 Chadwick
Electron 0 -1e 9,110 x 10-28 Thomson

Diagram Orbital

Setiap orbital mempunyai ukuran, bentuk, dan arah orientasi. Bentuk orbital bergantung pada bilangan kuantum azimuth, sedangkan ukurannya bergantung pada bilangan kuantum utamanya. Orbital-orbital tersebut bergabung membentuk suatu subkulit, dan subkulit bergabung membentuk kulit atau tingkat energi.

Orbital s

Orbital 1s dan 2s
Orbital s merupakan sub kulit yang barga bilangan kuantumnya = 0. Sehingga subkulit s hanya memiliki 1 orbital saja. Orbital s berbentuk simetris bola sehingga orbital s tidak ada orientasi khusus.

Orbital p

Orbital p
Subkulit p dengan barga bilangan kuantum azimuth (I) = 1 maka harga bilangan kuantum magnetik ada 3 nilai, yaitu -1 ; 0; dan +1.
Subkulit p mempunyai 3 orbital yang ditandai dengan px, py, dan pz. Ketiga orbital di atas disesuaikan dengan orientasinya menurut x, y dan z.

Orbital d dan orbital f

Orbital d

Orbital d

Subkulit memiliki bilangan kuantum azimuth (I) = 2 dengan harga bilangan kuantum magnetik -2 ; -1; 0; +1 dan +2.
1) Orbital dx2-y2 terletak pada bidang xy dan cuping-cupingnya terletak pada sumbu x dan sumbu y.
2) Orbital dz2 terdiri dari satu balon terpilin yang terletak pada sumbu z dan satu daerah berbentuk donat yang terletak pada bidang xy.
3) Orbital dxy terletak pada bidang xy,tetapi cuping-cupingnya terletak diantara sumbu x dan sumbu y.
4) Orbital dxz terletak pada bidang xz dan cuping-cupingnya terletak di antara sumbu x dan sumbu z.
5) Orbital dxy terletak pada bidang xy, tetapi cuping-cuping terletak diantara sumbu x dan sumbu y.

Orbital f

Subkulit dengan nilai I yang Iebih besar, yaitu subkulit f, g, dan seterusnya. Subkulit f, g, dan lain-lain mempunyai jumlah, bentuk serta orientasi orbital yang lebih rumit. Orbital-orbital tersebut jarang digunakan dalam pembentukan ikatan kimia

Contoh Bentuk Energi dan sumbernya

Gitar listrik musisi ini meraung keras saat konser, dengan tampilan lampu yang berwarna warni membuat semarak dan panas di atas panggung.
Panas di atas panggung karena lampu, tapi mereka benar-benar menambah indah pertunjukan. Para fans sangat gembira dan berteriak dengan kegembiraan. Konser yang menarik tidak akan mungkin berlangsung tanpa beberapa bentuk energi yang berbeda. Apakah Anda tahu apa saja mereka?

Bentuk Energi

Energi, atau kemampuan untuk menyebabkan perubahan materi, bisa eksis dalam berbagai bentuk. Energi juga dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Foto di atas seorang pemain gitar mewakili enam bentuk energi: mekanik, kimia, listrik, cahaya, panas, dan energi suara. Bentuk lain dari energi adalah energi nuklir.

Q: Dapatkah Anda menemukan enam bentuk yang berbeda dari energi dalam foto dari pemain gitar (Lihat gambar pembuka)?
A: Gitaris menggunakan energi mekanik untuk memetik senar gitar. Dia mendapat energi untuk melakukan konser dari energi kimia yang tersimpan dalam makanan yang dia makan pada hari sebelumnya. Lampu panggung menggunakan energi listrik, yang mereka berubah menjadi energi cahaya dan energi panas (biasa disebut kalor). Gitar menghasilkan energi suara ketika gitaris memetik senar.

Tujuh Bentuk Energi

Berbagai bentuk energi dan darimana sumber didefinisikan dan diilustrasikan di bawah ini. Untuk animasi interaktif tentang berbagai bentuk energi,
1. Energi mekanik adalah energi gerak. Hal ini ditemukan di benda-benda yang bergerak atau memiliki potensi untuk bergerak.
energi mekanik
Drummer ini memiliki energi mekanik saat ia menggerakan stik drum untuk memukul drum dan simbal. Stik drum yang bergerak juga memiliki energi mekanik, tetapi mereka akan memiliki energi mekanik bahkan jika mereka tidak bergerak. Itu karena mereka memiliki potensi untuk jatuh ketika drummer sedang menahan mereka di atas lantai. Energi potensial ini adalah karena gravitasi.
2. Energi Kimia adalah energi yang disimpan dalam ikatan antara atom senyawa. Jika ikatan ini dipecah, energi akan dilepaskan dan dapat dikonversi ke bentuk energi lainnya.
Energi Kimia
Gitar amplifier portabel ini dapat berjalan menggunakan baterai. Baterai menyimpan energi kimia dan mengubahnya menjadi energi listrik.
3. Energi listrik adalah energi dari elektron yang bergerak. Elektron mengalir melalui kawat untuk membuat arus listrik.
energi listrik
Lampu terang pada panggung ini menggunakan energi listrik. Mereka mengalir melalui kabel ke dalam sistem listrik dari aula. Gitar dan mikrofon juga menggunakan energi listrik. Anda dapat melihat kabel listrik berjalan dari mereka sampai di lantai bawah musisi.
4. energi elektromagnetik adalah energi yang bergerak melalui ruang seperti gelombang listrik dan magnetik. Lampu yang membanjiri panggung pada Gambar di atas adalah salah satu jenis energi elektromagnetik. Jenis lain termasuk gelombang radio, gelombang mikro, sinar X, dan sinar gamma.
5. energi termal adalah energi yang muncul dari atom dari materi yang sedang bergerak. Semua materi memiliki energi kalor karena atom dari semua materi yang terus bergerak. Sebuah benda dengan massa lebih besar memiliki energi panas yang lebih besar daripada sebuah benda dengan massa kurang karena memiliki lebih sedikit atom.
energi kalor
Mengapa pelari ini berkeringat begitu banyak? Keringatnya yang menyerap ke dalam bajunya karena dia memiliki energi panas begitu banyak. Jogging adalah pekerjaan panas karena panas dari matahari dan kerja keras ia saat larinya.
6. energi Suara adalah bentuk energi mekanik yang dimulai dengan getaran pada suatu zat. Misalnya, suara penyanyi dimulai dengan getaran pita suaranya, yang berasal dari lipatan jaringan di tenggorokannya. Getaran lolos ke daerah sekitar melalui partikel materi dan kemudian dari satu partikel ke yang lain dalam bentuk gelombang. Gelombang suara dapat melakukan perjalanan melalui udara, air, dan zat-zat lain, tetapi tidak melalui ruang kosong.
7. Energi nuklir adalah energi yang tersimpan dalam inti atom karena kekuatan yang kuat yang memegang inti bersama-sama. Energi dapat dilepaskan pada pembangkit listrik tenaga nuklir dengan memisahkan inti terpisah. Hal ini juga dilepaskan ketika inti tidak stabil (radioaktif) pecah, atau mengalami peluruhan.
Q: Para fans di sebuah konser rock juga memproduksi atau menggunakan beberapa bentuk energi. Apakah mereka?
A: Para fans melihat konser karena energi elektromagnetik (cahaya) yang masuk mata mereka dari musisi yang nampak remang-remang di atas panggung. Mereka mendengar musik karena energi suara yang mencapai telinga mereka dari amplifier. Mereka menggunakan energi mekanik ketika mereka bertepuk tangan dan melompat dari kursi mereka dalam kegembiraan. Tubuh mereka menghasilkan energi panas, menggunakan energi kimia yang tersimpan dalam makanan yang mereka makan.
Ringkasan
Energi, atau kemampuan untuk menyebabkan perubahan materi, bisa eksis dalam berbagai bentuk. Energi juga dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Contoh bentuk-bentuk energi termasuk energi mekanik, kimia, listrik, elektromagnetik, termal, suara, dan energi nuklir.


Contoh energi potensial elastis

Contoh energi potensial elastis termasuk karet gelang, pegas, bola memantul, ketapel, tali busur dan trampolin. Energi potensial elastis disimpan dalam benda-benda ini ketika mereka ditarik, diregangkan atau dikompresi (ditekan).
Energi ini menjadi energi kinetik ketika benda-benda ini kembali ke bentuk aslinya. Misalnya, pegas yang kompresi akan memiliki energi potensial elastis sampai kumparan kembali ke bentuk asli mereka dan mendorong benda lain yang jauh.
Sebuah string busur yang dibentangkan berkat fleksibilitas di kedua ujung tali. Ketika seorang pemanah melepaskan tali, energi potensial melepaskan panah, menggerakan anak panah ke depan.
Sebuah trampolin yang membentang saat seseorang melompat di atasnya, dan kemudian kembali ke bentuk aslinya setelah meluncurkan orang ke udara. Ketika bola karet memantul dari benda padat, akan kehilangan beberapa bentuknya sebelum kembali ke kondisi aslinya di udara. Karet tali pinggang yang elastis akan melebar saat dipakai pada pinggul seseorang, dan kemudian kembali ke bentuk aslinya ketika pakaian dilepas.
Semakin lebar perangkat ini membentang, energi potensial lebih elastis juga membesar sampai batas tertentu. Gaya yang mengembalikan sebuah benda ke bentuk aslinya disebut gaya pemulih. Setelah benda kembali ke bentuk aslinya, tidak mengandung energi potensial karena mencapai kesetimbangan dengan lingkungan fisik. Apa pun yang elastis memiliki energi potensial sampai kembali ke bentuk aslinya.


Apakah fungsi turbin

Turbin adalah alat untuk mengkonversi energi kinetik cairan yang bergerak atau gas menjadi energi rotasi yang dapat digunakan untuk menggerakkan dinamo dan menghasilkan listrik. Biasanya, sumber dari energi kinetik adalah uap, meskipun kadang-kadang bisa juga air.
Dalam setup turbin yang umum, bahan bakar yang dikonsumsi di salah satu ujung sistem untuk menghasilkan panas. Bahan bakar dapat hampir berupa semua reaksi energik. Batubara, minyak bumi, peluruhan nuklir dan bahkan panas dari aktivitas panas bumi di bawah tanah yang semuanya digunakan untuk memanaskan air.turbin
Air yang telah dipanaskan kemudian disalurkan sepanjang sistem untuk turbin. Keluar dari pipa tersebut pada suhu tinggi dan di bawah tekanan besar, air memiliki kekuatan yang cukup besar untuk mendorong turbin, yang merupakan permukaan berulir yang mengubah gaya dorong uap ke dalam gerakan memutar.
Memutar poros disk yang berputar di ujung yang melewati magnet melalui kumparan kawat konduktif. Medan magnet yang berosilasi ini menginduksi arus pada kabel, yang memperkuat medan magnet.
Medan magnet kemudian menginduksi kuat arus pada kabel. Ketika arus sudah dekat output puncak, listrik dapat disalurkan melalui kabel ke konsumen, mesin yang menggunakan energi langsung atau baterai yang dapat menyimpan listrik untuk digunakan nanti.


Hubungan Energi dan Reaksi biokimia

Reaksi kimia selalu melibatkan energi. Reaksi kimia yang melepaskan energi merupakan reaksi eksotermik, dan reaksi kimia yang menyerap energi merupakan reaksi endotermik. Energi yang dibutuhkan untuk memulai reaksi kimia adalah energi aktivasi.
Apa itu energi? Dari mana energi Anda berasal? Dapatkah energi didaur ulang? Ini sekelompok semut yang memecah pohon mati. Sebuah contoh klasik dari kerja sama tim. Dan semua pekerjaan yang membutuhkan energi. Bahkan, setiap reaksi kimia – reaksi kimia yang memungkinkan sel-sel pada semut melakukan pekerjaan – membutuhkan energi untuk memulai. Dan semua energi yang berasal dari makanan yang semut makan. Apapun makan semut akan memberikan energi bagi semut. Energi melewati sebuah ekosistem dalam satu arah saja.
semut

Reaksi Kimia dan Energi

Reaksi kimia selalu melibatkan energi. Energi adalah properti dari materi yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha. Ketika metana terbakar, misalnya, melepaskan energi dalam bentuk panas dan cahaya. Reaksi kimia lainnya menyerap energi dan bukan melepaskannya.

Reaksi eksotermis

Reaksi kimia yang melepaskan energi (sebagai panas) disebut reaksi eksotermis. Jenis reaksi dapat diwakili oleh persamaan kimia umum:
Reaktan → Produk + Panas
Selain pembakaran metana, contoh lain dari reaksi eksoterm adalah klorin bergabung dengan natrium untuk membentuk garam meja. Reaksi ini juga melepaskan energi.

Reaksi endotermik

Reaksi kimia yang menyerap energi disebut reaksi endoterm. Jenis reaksi juga dapat diwakili oleh persamaan kimia umum:
Reaktan + Panas → Produk
Apakah Anda pernah menggunakan kompres dingin kimiawi (Pak)? Pak mendingin karena reaksi endotermik. Ketika tabung dalam kemasan rusak, ia melepaskan bahan kimia yang bereaksi dengan air di dalam kemasan. Reaksi ini menyerap energi panas dan cepat mendinginkan pak.

Energi Aktivasi

Semua reaksi kimia membutuhkan energi untuk memulai. Bahkan reaksi yang melepaskan energi membutuhkan dorongan energi untuk memulai. Energi yang dibutuhkan untuk memulai reaksi kimia disebut energi aktivasi. Energi aktivasi seperti dorongan awal saat anak perlu mulai turun dalam bermain slide. Dorongan awal memberikan energi yang cukup anak untuk mulai bergerak, tetapi setelah ia mulai, ia terus bergerak tanpa didorong lagi. Energi aktivasi diilustrasikan pada Gambar di bawah.

Energi Aktivasi
Energi aktivasi. Energi aktivasi memberikan “dorongan” yang diperlukan untuk memulai reaksi kimia. Apakah reaksi kimia dalam gambar ini reaksi eksotermik atau endotermik?
Mengapa semua reaksi kimia membutuhkan energi untuk memulai? Agar reaksi dimulai, molekul reaktan harus berbenturan satu sama lain, sehingga mereka harus bergerak, dan gerakan membutuhkan energi. Ketika molekul reaktan bertemu bersama-sama, mereka dapat saling tolak menolak karena gaya antarmolekul mendorong mereka terpisah. Mengatasi gaya ini sehingga molekul dapat datang bersama-sama dan bereaksi juga membutuhkan energi.

Ringkasan

Reaksi kimia selalu melibatkan energi. Reaksi kimia yang melepaskan energi merupakan reaksi eksotermik, dan reaksi kimia yang menyerap energi merupakan reaksi endotermik. Energi yang dibutuhkan untuk memulai reaksi kimia adalah energi aktivasi.


Pengertian Energi Ikat Inti

Inti atom adalah inti yang berada di pusat, yang terdiri dari satu atau lebih proton dan juga neutron, dengan pengecualian hanya untuk bentuk hidrogen yang paling ringan.
Tidak ada muatan untuk neutron, namun sesuatu dapat membuat mereka terlepas keluar dari inti. Selain itu, setiap proton dalam inti bermuatan positif; mereka harus saling menolak satu sama lain yang kemudian akan mengosongkan inti – tetapi sejumlah energi mencegah hal ini terjadi.
Menurut definisi, energi yang menjaga semua partikel-partikel ini ada dalam inti adalah “energi ikat inti”. Sejak Einstein menemukan hubungan matematis yang menyamakan materi dengan energi – E = mc2, di mana E adalah energi, m adalah massa dan c adalah kecepatan cahaya – energi ikat nuklir dapat dihitung dengan relatif mudah.
Massa inti kurang dari massa nukleon individual yang membentuk inti itu. Perbedaan massa (Δm) antara keduanya adalah setara dengan energi ikat inti.
Δm = Zmp + (AZ)mnm nucleus
di mana:
Δm = perbedaan massa
mp = massa proton
mn = massa neutron
mnucleus = massa inti terbentuk
Z = jumlah proton atau nomor atom
A = jumlah nukleon atau nomor massa
Energi ikat nuklir adalah energi yang dibutuhkan untuk memecah inti menjadi nukleon yang terpisah atau ini dapat dinyatakan sebagai energi yang dilepaskan ketika inti terbentuk dari nukleon yang terpisah. Energi ikat adalah sama dengan penurunan energi potensial nuklir dari nukleon ketika mereka masuk bersama-sama. Hal ini setara dengan usaha yang dilakukan pada nukleon oleh gaya nuklir. Energi ikat adalah energi yang berkaitan dengan gaya kuat yang memegang nukleon bersama-sama.

Energi ikat Per nukleon

Jika kita mengetahui energi ikat dalam inti, dan jumlah nukleon, kita bisa mencari energi ikat per nukleon, yang merupakan energi rata-rata yang diperlukan untuk menghilangkan setiap nukleon.
Fisi nuklir, atau pemisahan inti atom untuk menghasilkan atom yang lebih kecil, masing-masing memiliki energi ikat sendiri, sangat penting terutama untuk desain dan pengoperasian pembangkit listrik. Energi ikat atom yang dihasilkan, dikurangi dari energi ikat atom awal, memberikan hasil bersih yang baik diterapkan secara konstruktif atau destruktif. Penggunaan konstruktif energi nuklir ini meliputi produksi listrik, hampir seperlima dari semua tenaga listrik di Amerika Serikat dan lebih dari tiga-perempat dari daya yang digunakan di Perancis.


Contoh Sumber daya alam terbarukan dan tak terbarukan

Sumber daya terbarukan dapat digantikan oleh proses alam secepat manusia menggunakannya. Contoh termasuk sinar matahari dan angin. Sumber daya tak terbarukan yang ada dalam jumlah tetap. Mereka dapat digunakan. Contohnya termasuk bahan bakar fosil seperti batu bara.
Terbarukan atau tak terbarukan, apa bedanya? Itu seperti meminta perbedaan antara memiliki pasokan tak berujung dan memiliki persediaan terbatas. Akankan planet ini akhirnya kehabisan minyak? Mungkin. Jadi minyak adalah sumber daya tak terbarukan.
sumber daya

Sumber terbarukan dan tak terbarukan

Sumber daya alam adalah sesuatu yang disediakan oleh alam yang membantu mendukung kehidupan. Ketika Anda memikirkan sumber daya alam, Anda mungkin berpikir tentang mineral dan bahan bakar fosil. Namun, ekosistem dan fasilitas yang mereka berikan juga sumber daya alam. Keanekaragaman hayati merupakan sumber daya alam juga.

Sumber Daya terbarukan

Sumber daya terbarukan dapat diisi ulang oleh proses alam secepat manusia menggunakannya. Contoh termasuk sinar matahari dan angin. Mereka tidak terancam habis (lihat Gambar di bawah). Logam dan mineral lainnya yang terbarukan juga. Mereka tidak hancur ketika mereka digunakan dan dapat didaur ulang.
Angin
Angin merupakan contoh sumber daya terbarukan. Turbin angin seperti ini memanfaatkan hanya sebagian kecil dari energi angin.
Makhluk hidup dianggap terbarukan. Hal ini karena mereka dapat mereproduksi untuk menggantikan dirinya. Namun, mereka dapat lebih-digunakan atau disalahgunakan ke titik kepunahan. Agar benar-benar terbarukan, mereka harus digunakan secara berkelanjutan. Pemanfaatan berkelanjutan adalah penggunaan sumber daya dengan cara yang memenuhi kebutuhan masa kini dan juga mempertahankan sumber daya untuk generasi mendatang.

Sumber daya tak terbarukan

Sumber daya tak terbarukan adalah sumber daya alam yang ada dalam jumlah tetap dan tidak dapat digunakan terus menerus. Contohnya termasuk bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam.
Bensin
Bensin dibuat dari minyak mentah. Minyak mentah dipompa keluar dari tanah adalah cairan hitam yang disebut minyak bumi, yang merupakan sumber daya tak terbarukan.
Bahan bakar ini terbentuk dari sisa-sisa tanaman lebih dari ratusan juta tahun. Kita menggunakan mereka jauh lebih cepat daripada pembuatan kembali mereka. Pada tingkat penggunaan saat ini, minyak bumi akan habis hanya dalam beberapa dekade dan batubara dalam waktu kurang dari 300 tahun.
Batubara
Batubara adalah sumber daya terbarukan yang lain.
Dalam perut bumi, terkandung minyak bumi yang terbentuk dari sisa-sisa jasad renik hewan laut yang telah mati jutaan tahun yang lampau. Sisa-sisa jasad renik ini mengalami perubahan struktur kimia, berubah menjadi minyak. Minyak ini masih belum bisa digunakan secara langsung karena masih membutuhkan proses pengolahan lebih lanjut.
Minyak bumi adalah termasuk salah satu sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui. Artinya, untuk dapat memperolehnya lagi dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun untuk membentuknya. Ini mengapa harga minyak bumi di pasaran dunia akhir-akhir ini terus melambung. Persediaan minyak bumi semakin menipis, sedangkan tambang minyak baru masih belum ditemukan.
Batu bara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan seperti kayu, dedaunan, ranting dan akar pepohonan yang telah mati berjuta-juta tahun yang lalu, mengalami sedimentasi dan proses perubahan struktur rumus kimia penyusunnya, sehingga dari sisa-sisa tumbuhan itu mengeras dan terbentuklah batu bara. Batu bara dapat digunakan sebagai bahan bakar kereta uap pada jaman dahulu. Juga, dapat digunakan sebagai bahan bakar penghangat rumah (berbitumen) pada rumah-rumah bangsa yang negaranya mengalami musim dingin. Batu bara sekarang lebih babyak dipakai sebagai dalam bentuk briket batu bara, yakni batu bara dalam bentuk padat yang digunakan sebagai konversi dari penggunaan minyak tanah. Penggunaan batu bara dalam skala besar biasanya digunakan dalam proyek pabrik. Batu bara disini dipakai sebagai sumber energi untuk membangkitkan/ memanaskan uap yang digunakan di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), contohnya PLTU Paiton di Jawa Timur.
Tenaga nuklir juga dianggap sebagai sumber daya tak terbarukan karena menggunakan uranium secara cepat atau lambat akan habis. Hal ini juga menghasilkan limbah berbahaya yang sulit untuk membuangnya secara aman.

Contoh lain Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Mineral Logam

1) Nikel,
2) Emas dan perak,
3) Mangaan,
4) Timah,
5) Tembaga,
6) Bijih besi,
7) Bauksit,

Mineral Bukan Logam

1) Gips,
2) Marmer,
3) Yodium,
4) Intan,
5) Aspal,
6) Fosfat,
7) Garam,
8) Garam batu,

Mengubah Sampah menjadi berharga

Para ilmuwan di Massachusetts Technology yang mengubah sampah menjadi batubara, yang dapat dengan mudah digunakan untuk memanaskan rumah dan memasak makanan di negara-negara berkembang. Batubara ini membakar lebih bersih daripada yang dari bahan bakar fosil. Hal ini juga menyimpan sejumlah besar energi.

Fungsi Sumber Daya Alam sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi yang cepat akan banyak faktor produksi yang diperlukan untuk proses produksi. Semakin banyak faktor produksi yang diperlukan akan mengurangi tersedianya faktor produksi. Menurunnya persediaan faktor produksi modal atau tenaga kerja, relatif lebih mudah diatasi dibandingkan dengan menurunnya faktor produksi sumber daya alam, karena faktor produksi sumber daya alam harus diambil dari tempat persediaan sumber daya alam tersebut. Selain itu, proses terbentuknya sumber daya alam membutuhkan waktu yang sangat panjang.
Tuntutan percepatan pertumbuhan ekonomi, seperti yang terjadi di negara-negara sedang berkembang, menuntut semakin banyak pula sumber daya alam yang diambil dan semakin sedikit jumlah persediaan sumber daya alam tersebut. Dengan demikian ada hubungan yang positif antara jumlah dan kualitas sumber daya alam dengan pertumbuhan ekonomi, tetapi sebaliknya ada hubungan yang negatif antara pertumbuhan ekonomi dan persediaan sumber daya alam di dalam bumi.
Pertumbuhan ekonomi selain mengurangi persediaan sumber daya alam, mempunyai dampak negatif juga terhadap lingkungan, karena percepatan pertumbuhan ekonomi biasanya diikuti dengan peningkatan sektor industri. Dengan meningkatnya sektor industri tingkat pencemaran terhadap lingkungan akibat limbah proses produksi juga meningkat.
Ringkasan
Sumber daya terbarukan dapat digantikan oleh proses alam secepat manusia menggunakannya. Contoh termasuk sinar matahari dan angin. Sumber daya tak terbarukan yang ada dalam jumlah tetap. Mereka dapat digunakan. Contohnya termasuk bahan bakar fosil seperti batu bara.









Sumber Daya Tanah dan Air

Tanah dan air adalah sumber daya terbarukan tetapi dapat hancur oleh tindakan manusia yang ceroboh. Tanah bisa kehabisan nutrisi. Tanah juga dapat terkikis oleh angin atau air. Penggunaan berlebih dan polusi air tawar mengancam pasokan terbatas yang dibutuhkan masyarakat.
Bisakah tanah ini digunakan untuk pertanian? Mungkin tidak. Kualitas tanah sangat penting dalam menentukan apa yang dapat tumbuh di daerah tertentu. Tanah yang baik tidak begitu mudah didapat. Tanah harus dipertimbangkan sebagai sumber daya lain yang kita, sebagai penduduk, harus berusaha untuk melindunginya.tanah gersang

Sumber Daya Tanah dan Air

Secara teoritis, tanah dan air adalah sumber daya terbarukan. Namun, mereka mungkin hancur oleh tindakan manusia yang ceroboh.

Tanah

Tanah adalah campuran dari batuan yang terkikis, mineral, bahan organik yang sebagian membusuk, dan bahan lainnya. Tanah adalah komponen penting untuk pertumbuhan tanaman, sehingga merupakan dasar dari ekosistem darat. Tanah ini penting untuk alasan lain juga. Misalnya, menghilangkan racun dari air dan limbah yang merusak.
Meskipun terbarukan, tanah membutuhkan waktu yang sangat lama untuk membentuk-hingga ratusan juta tahun. Jadi, untuk tujuan manusia, tanah merupakan sumber daya tak terbarukan. Tanah juga memiliki nutrisi yang terus habis melalui penggunaan yang ceroboh, dan terkikis oleh angin dan air. Misalnya, penyalahgunaan tanah menyebabkan sejumlah besar lahan hancur sulit untuk digunakan akibat dari kecerobohan manusia (lihat Gambar di bawah). Tanah harus digunakan secara bijaksana untuk melestarikannya supaya bisa bertahan untuk masa depan. Praktek konservasi meliputi kontur membajak dan terasering. Kedua mengurangi erosi tanah. Tanah juga harus dilindungi dari limbah beracun.
lumpur tanah

Air

Air sangat penting untuk semua kehidupan di Bumi. Untuk digunakan manusia, air harus segar. Dari semua air di bumi, hanya 1 persen yang berupa air cair segar. Sebagian besar sisanya adalah baik air garam di laut atau es di gletser dan es di pegunungan.
Meskipun air terus didaur ulang melalui siklus air, itu tetap dalam bahaya. Penggunaan berlebih dan polusi air tawar mengancam pasokan terbatas yang dibutuhkan masyarakat. Sudah, lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia tidak memiliki air tawar yang memadai. Dengan populasi manusia yang terus berkembang pesat, kekurangan air cenderung lebih buruk.

Terlalu Banyak dari yang dibutuhkan

Polusi air berasal dari berbagai sumber. Salah satu sumber terbesar adalah limpasan. Limpasan menyeret bahan kimia seperti pupuk dari bidang pertanian, rumput, dan lapangan golf. Ini membawa bahan kimia masuk ke badan air. Nutrisi yang ditambahkan pupuk sering menyebabkan pertumbuhan berlebihan dari ganggang, menciptakan mekar ganggang (lihat Gambar di bawah). Ganggang menggunakan oksigen di dalam air sehingga organisme air lainnya tidak dapat bertahan hidup. Mekar alga telah terjadi di daerah yang luas dari laut, menciptakan zona mati, di mana tingkat oksigen yang rendah telah membunuh semua kehidupan laut. Sebuah zona mati yang sangat besar ada di Teluk Meksiko. Langkah-langkah yang dapat membantu mencegah masalah ini termasuk mengurangi penggunaan pupuk. Melestarikan lahan basah juga membantu karena air lahan basah dapat menyaring limpasan.
mekar alga
Ringkasan
Tanah dan air adalah sumber daya terbarukan tetapi dapat hancur oleh tindakan manusia yang ceroboh. Tanah bisa kehabisan nutrisi. Tanah juga dapat terkikis oleh angin atau air. Penggunaan berlebih dan polusi air tawar mengancam pasokan terbatas yang dibutuhkan masyarakat.

Penjelasan siklus air (hidrologi) secara singkat

Siklus biogeokimia mencakup bagian biotik dan abiotik ekosistem. Siklus air berlangsung pada, di atas, dan bawah permukaan bumi. Dalam siklus, air terjadi perubahan wujud sebagai uap air, air cair, dan es.
Dari mana asal air yang dibutuhkan oleh sel-sel Anda? Tidak seperti energi, materi tidak hilang saat melewati sebuah ekosistem. Sebaliknya, materi, termasuk air akan didaur ulang. Daur ulang ini melibatkan interaksi spesifik antara faktor biotik dan abiotik dalam suatu ekosistem. Kemungkinannya adalah, air yang Anda minum pagi ini telah ada selama jutaan tahun yang lalu, atau lebih.

Siklus Air (hidrologi)

Unsur-unsur kimia dan air yang dibutuhkan oleh organisme terus-menerus didaur ulang dalam ekosistem. Mereka melewati komponen biotik dan abiotik dari biosfer. Itu sebabnya siklus mereka disebut siklus biogeokimia. Misalnya, suatu bahan kimia yang mungkin berpindah dari organisme (bio) ke atmosfer atau laut (geo) dan kembali ke organisme lagi. Unsur atau air dapat diam dalam berbagai periode waktu di berbagai bagian dari sebuah siklus.
siklus air
Bagian dari siklus yang menahan unsur atau air untuk waktu singkat disebut exchange pool (kolam pertukaran). Misalnya, atmosfer sebagai kolam pertukaran air. Biasanya menahan air (dalam bentuk uap air) untuk hanya beberapa hari.
Bagian dari siklus yang memegang unsur atau air untuk jangka waktu yang panjang disebut reservoir. Laut adalah reservoir untuk air. Laut yang dalam dapat menahan air selama ribuan tahun.
Air di Bumi sudah ada sejak miliaran tahun. Namun, molekul air individu terus bergerak melalui siklus air. Siklus air adalah siklus global. Ini terjadi pada, di atas, dan bawah permukaan bumi, seperti yang ditunjukkan pada Gambar di bawah.
gambar siklus air
Gambar siklus air. Seperti siklus biogeokimia lainnya, tidak ada awal atau akhir dalam siklus air. Melainkan kegiatan yang terus berulang.
Selama siklus air atau hidrologi, air terjadi di tiga keadaan atau wujud yang berbeda: gas (uap air), cairan (air), dan padat (es). Banyak proses yang terlibat saat perubahan keadaan air dalam siklus air.

Penguapan, Sublimasi, dan Transpirasi

Perubahan air menjadi gas oleh tiga proses yang berbeda:
  • Evaporasi atau penguapan terjadi ketika air di permukaan berubah menjadi uap air. Matahari memanaskan air dan memberikan molekul air energi yang cukup untuk melepaskan diri ke atmosfer.
  • Sublimasi terjadi ketika es dan salju mengalami perubahan langsung menjadi uap air. Hal ini juga terjadi karena panas dari matahari.
  • Transpirasi terjadi ketika tanaman melepaskan uap air melalui pori-pori daun disebut stomata (lihat Gambar di bawah).
Stomata

Kondensasi dan Presipitasi

Naiknya arus udara membawa uap air ke atmosfer. Saat uap air naik di atmosfer, kemudian akan mulai mendingin dan mengembun. Kondensasi adalah proses di mana perubahan uap air untuk tetesan kecil air cair.
Tetesan air dapat membentuk awan. Jika tetesan cukup besar, mereka jatuh sebagai hujan, salju, hujan es, atau hujan yang dingin membeku. Kebanyakan hujan jatuh ke laut. Akhirnya, air ini menguap lagi dan mengulangi siklus air. Beberapa endapan atau presipitasi beku akan menjadi bagian dari es dan gletser. Massa es ini dapat menyimpan air beku selama ratusan tahun atau lebih.

Air Tanah dan Limpasan

Presipitasi yang jatuh di atas tanah dapat mengalir di atas permukaan tanah. Air ini disebut limpasan. Ini akhirnya dapat mengalir ke badan air. Beberapa curah hujan yang jatuh di atas tanah dapat meresap ke dalam tanah, menjadi air tanah. Tanah mungkin merembes keluar dari tanah di musim semi atau ke badan air seperti laut. Beberapa tanah dapat diambil oleh akar tanaman. Beberapa mungkin mengalir di bawah tanah lebih dalam ke akuifer. Ini adalah lapisan bawah tanah batu yang menyimpan air, kadang-kadang selama ribuan tahun.

Ringkasan

Unsur kimia dan air didaur ulang melalui siklus biogeokimia. Siklus biogeokimia mencakup bagian biotik dan abiotik ekosistem. Siklus air berlangsung pada, di atas, dan bawah permukaan bumi. Dalam siklus, air terjadi perubahan wujud sebagai uap air, air cair, dan es. Banyak proses yang terlibat selama perubahan keadaan air dalam siklus. Atmosfer adalah sebuah kolam pertukaran air. Massa es, akuifer, dan laut dalam adalah reservoir air.


Fungsi air bagi kehidupan organisme

Air adalah zat yang paling banyak dalam tubuh manusia. Ini digunakan untuk membantu meningkatkan fungsi dan proses di hampir setiap sistem. Karena tubuh tidak dapat memproduksi air sendiri, ia harus mengandalkan asupan untuk menggantikan air yang hilang melalui pengeluaran alami limbah.
Olahraga merupakan kegiatan yang akan menguras kadar air dengan cepat, yang berarti bahwa seseorang yang aktif tergantung pada pasokan konstan air.

Berat badan

Total berat badan Seorang manusia berisi air sekitar 60 sampai 70 persen. Angka ini dapat berubah tergantung pada usia, jenis kelamin, berat badan dan komposisi tubuh. Hal ini juga bervariasi sedikit demi sedikit sepanjang hari. Banyak air ini yang terkumpul dalam organ. Otak saja mengandung 85 persen air. Sekitar 90 persen dari darah yang mengalir melalui pembuluh darah Anda juga air.fungsi air bagi kehidupan organisme

Peran Penting dalam tubuh organisme

Air sangat penting untuk sejumlah fungsi dalam organisme hidup. Ia memelihara suhu tubuh; memetabolisme lemak tubuh; memainkan peran dalam pencernaan; melumasi dan juga sebagai bantal bagi organ; menawarkan lingkungan yang lembab untuk daerah seperti tenggorokan; mengangkut nutrisi ke sel; dan membersihkan racun dari organ. Air juga merupakan hasil sampingan akhir respirasi seluler, di mana sel-sel metabolisme adalah sumber yang layak energi untuk aktivitas tubuh.

Deplesi air

Jika tubuh Anda tidak menerima cukup air, akan mulai menarik air dari daerah lain. Ketika ini terjadi dalam darah, kapiler mulai menyusut, yang membuat darah lebih tebal, lebih mungkin untuk membeku dan keras untuk memompa melalui tubuh. Perusahaan TheraGear menyatakan bahwa ini dapat menyebabkan hipertensi, kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Dehidrasi

Kurangnya air menyebabkan dehidrasi, yang merupakan kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak lagi memiliki jumlah air yang tepat untuk melaksanakan fungsi-fungsi dasar. Air meninggalkan tubuh melalui gerakan napas, keringat, urine dan usus Anda. Harus diganti dengan jumlah yang sama dari air yang diambil.


5 lapisan atmosfer dan fungsinya

Para ahli meteorologi mernbagi atmosfer dalam lima lapisan berdasarkan suhunya yaitu, troposfer, stratosfer mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Artikel berikut akan menjelaskan tiap lapisan tersebut dan apa fungsi bagi kehidupan di bumi.

a. Troposfer

Troposfer merupakan lapisan udara paling bawah dan lapisan atmosfer, di atas permukaan bumi. Memiliki ketebalan yang berbeda-beda pada setiap tempat. Di khatulistiwa ketebalannya mencapai 16 km, di daerah iklim sedang dan di daerah kutub ketebalannya 8 km. Lapisan ini memiliki sifat yang khas yaitu setiap kita naik 100 m suhu udara akan turun 0,5 oc sampai 0,64 °C, begitu juga sebaliknya, kalau kita turun 100 m maka suhu udara akan naik 0,5 oc sampai 0,6 °c.
lapisan atmosfer
lapisan atmosfer
Pada lapisan ini terjadi proses pembentukan gejala cuaca seperti, hujan, dan angin. Pada lapisan ini terdapat kandungan oksigen dan nitrogen yang sangat banyak untuk kelangsungan makhluk hidup di bumi. Antara troposfer dan stratosfer terdapat lapisan peralihan yang disebut tropopouse.

Stratosfer

Stratosfer adalah lapisan udara di atas troposfer yang menunjukkan perubahan temperatur yang kecil ke arah vertikal. Lapisan ini berada pada ketinggian 15 – 55 km. Pada lapisan ini terdapat lapiasan ozon dengan konsentrasi terbesar terdapat pada ketinggian 22 km. Lapisan ozon berfungsi sebagai pelindung bagi troposfer dan permukaan bumi dan radiasi sinar ultraviolet matahari. Penipisan lapisan ozon seperti yang terjadi dewasa ini, dapat mengubah iklim dan selanjutnya dapat memengaruhi kehidupan di permukaan bumi. Antara stratosfer dan mesosfer terdapat lapsan yang disebut stratopouse.

Mesosfer

Lapisan ini beria pada ketinggian 50-80 km, pada lapisan ini sebagian meteor terbakar dan teniral, sehingga tidak sampai ke permukaan bumi. Lapisan ini berfungsi untuk memantulkan gebmbang radio dan televisi (gelombang VHF dan UHF), sehingga kita dapat menikmati siaran radio dan televisi. Antara mesosfer dan termosfer terdapat lapisan mesopouse.

d. Termosfer

Termosfer merupakan lapisan udara di atas mesosfer dengan ketinggian sekitar 80 km sampai batas antara atmosfer dengan angkasa luar. Pada lapisan ini suhu mencapai 1500 oc. Lapisan bagian bawah dan termosfer ini disebut ionosfer (ketinggian antara 80 – 450 km), pada lapisan ini terjadi proses ionisasi yang menyebabkan terkumpulnya proton dan elektron,

e. Eksosfer

Pada lapisan ini suhu bisa mencapai 2.200°c. Merupakan batas antara atmosfer bumi dengan angkasa luar


 Fungsi dan manfaat lapisan Atmosfer
Atmosfer bekerja sebagai tempat untuk menampung oksigen yang diperlukan untuk hidup, bekerja sebagai selimut untuk melindungi bumi dari radiasi dan membantu untuk menciptakan berbagai jenis cuaca yang dirasakan di Bumi.
Atmosfer juga mengandung sejumlah kecil karbon dioksida yang diperlukan agar tanaman dapat hidup.
Atmosfer
Tanpa atmosfer yang melindungi bumi, manusia, hewan dan semua kehidupan tanaman tidak akan mampu bertahan. Atmosfer bekerja untuk menahan oksigen di daerah sekitar bumi. Manusia dan kebanyakan hewan tergantung pada oksigen.
Tanaman juga bergantung pada oksigen karena mereka mengambil karbon dioksida sisa dari manusia ketika mereka menghirup oksigen. Radiasi merupakan faktor penting untuk kelangsungan hidup bumi. Hal ini diperlukan untuk kelangsungan hidup tanaman dan hewan yang ada beberapa jenis radiasi dari sinar matahari, tapi terlalu banyak radiasi dapat menyebabkan masalah besar yang sebagian besar terkait dengan pemanasan berlebih dari Bumi. Atmosfer membentuk selimut di sekitar Bumi yang mencegah terlalu banyak radiasi memasuki bumi. Selimut yang disediakan juga bertanggung jawab untuk cuaca yang terlihat di Bumi. Atmosfer bekerja untuk menciptakan angin sejuk dan hujan yang diperlukan bagi tanaman untuk tumbuh dan hewan untuk tetap terhidrasi.

Manfaat atmosfer

Manfaat atmosfer atau lapisan udara adalah sebagai berikut:
a. memungkinkan terajadinya awan, di mana udara mengandung uap air jika mengembun membentuk awan, dan selanjutnya menghasilkan hujan,
b. sarana berlangsungnya proses pembakaran, tanpa udara kita tidak dapat menyalakan api, bernafas dan sebagainya,
C. menyebabkan suhu bumi tidak terlalu tinggi pada siang hari dan tidak terlalu rendah pada malam hari,
d. melindungi makhluk hidup dan sengatan sinar matahari, dan
e. melindungi bumi dan hujan meteor.



Struktur bumi dan penjelasannya


Susunan bumi bagian dalam sulit sekali diketahui secara langsung, sehingga orang berusaha menganalisanya lewat hasil pengukuran secara tidak langsung.
Wujud bagian dalam bumi menimbulkan beberapa pendapat dugaan, antara lain ada yang mengatakan bahwa semakin jauh ke dalam bumi temperatur semakin tinggi dan semakin kecil gradien geothermisnya. Setelah dihitung para ahli memperkirakan temperatur Inti bumi sekitar 2.000°C -3.000°C.
Gambar. Struktur dalam Bumi
Gambar. Struktur dalam Bumi
Berdasar pengukuran empiris menimbulkan pendapat bahwa inti bumi pasti berwujud gas karena pada temperatur yang tinggi materi padat akan mencair dan kemudian berubah menjadi gas. Sebagian ahIi tidak sependapat dengan alasan bahwa makin ke dalam tekanan juga akan semakin tinggi karena tekanan lapisan dari atas semakin besar. Oleh karena ¡tu, di bawah tekanan yang begitu besar maka intl bumi berwujud padat. Pendapat lain yang menggabungkan kedua pendapat di atas mengatakan bahwa intl bumi wujudnya kental sebab sekalipun temperatur tinggi namun tekanan yang begitu tinggi akan menghalangi perubahan zat menjadi gas.
Berdasarkan penelitian dengan bantuan berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi. Para ahli menyusun suatu teori tentang susunan kerak bumi. Berdasarkan teori tersebut maka bumi terdirii atas tiga bagian besar yaitu kerak bumi (crush), selimut (mantle), dan inti (core). Masing-masing bagian tersebut dibahas lebih detil pada beberapa artikel berikutnya. Para ahli mengemukakan keterangan yang diperoleh tidak saja dari analisa tentang gelombang gempa, melainkan juga dengan analisis data lainnya.

Kerak Bumi

Merupakan lapisan paling atas dengan tebal rata-rata antara 10 – 50 km. Tebal lapisan ini tidak sama disemua tempat. Diatas benua tebalnya antara 20 – 50 km, namun beda lagi kalau didasar laut ketebalannya hanya mencapai sekitar 10 – 12 km.
Wujud dari lapisan ini berupa materi-materi yang padat. Dalam kerak bumi masih dibagi menjadi dua lapisan yaitu granitis dan basaltik. Lapisan granitis merupakan lapisan paling luar dari kerak bumi. Susunan materi penyusunnya kebanyakan berupa batuan granit. Lapisan ini menempati lapisan paling atas dengan ketebalan sekitar 10 – 15 km. Lapisan basaltis merupakan lapisan setelah lapisan granitis. Susunan materi kebanyakan tersusun dari materi basalt yang bersifat basa.
Letaknya di bawah lapisan granitis dengan kedalaman sekitar 30 – 50 km.
Holmes melakukan pembagian kerak bumi sebagai berikut:
  1. Bagian atas mempunyai tebal 15 km dengan berat jenis kira-kira 2,7 dan bersifat magma granit.
  2. Bagian tengah mempunyai tebal 25 km dengan berat jenis 3,5 dan bersifat magma basal.
  3. Bagian bawah memiliki ketebalan 20 km dengan berat jenis 3,5 serta bersifat magma peridotit dan eklogit.
Bagian atas dan bagian tengah disebut sial karena sebagian besar terdiri dari silisium aluminium, sedangkan bagian bawah disebut sima karena sebagian besar terdiri dari silisium magnesium.
Beberapa ahli lainnya mengemukakan bahwa bumi tersusun atas beberapa lapisan yaitu barisfer, lapisan antara, dan litosfer. Barisfer (lapisan inti bumi) merupakan bahan padat yang tersusun atas lapisan nife (niccolum = nikel dan ferum = besi). Jari-jari barisfer memiliki panjang sekitar 3.470 km. Lapisan antara yaitu lapisan yang terdapat di atas nife dengan tebal sekitar 1.700 km. Lapisan ini disebut juga asthenosfer (mantle), merupakan bahan cair bersuhu tinggi dan pijar. Berat jenisnya 5 gr/cm3. Lithosfer yaitu lapisan paling luar yang terletak di atas lapisan antara dengan ketebalan 1.200 km berat jenis rata-rata 2,8 gram/cm3.
Gambar. Pembagian Bumi berdasarkan jenis dan sifat penyusunnya
Gambar. Pembagian Bumi berdasarkan jenis dan sifat penyusunnya

Selimut Bumi

Lapisan bagian dalam setelah kerak bumi adalah selimut (mantle), lapisan ¡ni bersifat melindungi bagian dalam bumi. Lapisan ini menempati bagian bawah dari kerak bumi, pada umumnya dibagi menjadi tiga bagian yaitu litosfer, astenosfer dan mesosfer.
  • Litosfer
Pertama-tama perlu diketahui bahwa kata litosfer berasal dari bahasa Yunani yaitu lithos artinya batuan, dan sphera artinya lapisan. Jadi lithosfer yaitu lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1.200 km.
Lapisan ini pada umumnya terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan SiO2. Ltulah sebabnya lapisan litosfer seringkali dinamakan lapisan silikat. Pada bagian atas dari lapisan litosfer disebut muka atau kulit bumi yang dapat dibagi-bagi kembali, yaitu tanah (soil, overburden), batuan penutup (mantle rock) dan batuan dasar (bed rock).
Menurut penyelidikan batuan litosfer terdiri dari 92 elemen kimia. Dan 92 unsur tersebut oksigen dan paduannya menduduki persentase terbesar yaitu 46%.
Kemudian disusul oleh unsur silika dan paduannya sejumlah 28%. Elemen lainnya terdiri dari aluminium, besi, kalsium, potasium, sodium, dan magnesium sebesar 24%.
Kedelapan elemen ini mencapai 98%. Sisanya terdiri dari puluhan elemen tetapi jumlahnya sedikit-sedikit.
Bersama-sama dengan kerak bumi sering pula disebut lempeng litosfer yang mengapung di atas materi yang agak kental yaitu astenosfer.
Gamabr. Penampang Kerak Bumi
Gamabr. Penampang Kerak Bumi
  • astenosfer
Lapisan setelah litosfer adalah astenosfer. Lapisan ini berada di bawah litosfer berwujud agak kental dengan ketebalan sekitar 100 – 400 km. Para ahli menduga mungkin lapisan ini sebagai tempat formasi magma (magma induk).
Dan pada lapisan ini sintesa batuan dan mineral dibentuk. Karena wujudnya yang tidak padat maka massa yang diatasnya dapat bergerak.
  • Mesosfer
Berwujud padat dengan ketebalan sekitar 2.400 – 2.750 km terletak di bawah astenosfer. Pada lapisan ini materi penyusunnya kemungkinan berupa peridotit.

Inti Bumi

Lapisan paling dalam dari bumi disebut dengan inti (core), lapisan ini dibedakan menjadi dua bagian yaitu inti luar (outer core) dan inti dalam (inner core).
  • Inti luar
Inti luar merupakan inti bumi yang ada di bagian luar yang berwujud cair sebab lapisan ini tidak dapat dilalui oleh gelombang sekunder. Tebal lapisan ini sekitar 2.160 km.
  • Inti dalam
Inti dalam merupakan inti bumi yang ada di bagian dalam tersusun dari materi berupa besi atau besi dan nikel. Pada kedalaman sekitar 5.145 km seismograf menunjukkan perubahan kecepatan gelombang primer, sebagai petunjuk batas antana inti bagian luar dan inti bagian dalam. Tebalnya sekitar 1.320 km.
demikianlah artikel kita kali ini mengenai “Struktur dalam Bumi”, Semoga bermanfaat.


gerak momentum bumi mengikuti teori harmonis dan waktu  

GERAK  HARMONIK

Benda yang melakukan gerak lurus berubah beraturan, mempunyai percepatan yang tetap, Ini berarti pada benda senantiasa bekerja gaya yang tetap baik arahnya maupun besarnya. Bila gayanya selalu berubah-ubah, percepatannyapun berubah-ubah pula.
Gerak yang berulang dalam selang waktu yang sama disebut Gerak Periodik. Gerak periodik ini selalu dapat dinyatakan dalam fungsi sinus atau cosinus, oleh sebab itu gerak periodik disebut Gerak Harmonik. Jika gerak yang periodik ini bergerak bolak-balik melalui lintasan yang sama disebut Getaran atau Osilasi.

Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu lintasan bolak-balik disebut Periode, sedangkan banyaknya getaran tiap satuan waktu disebut Frekwensi. Hubungan antara periode (T) dan frekwensi (f) menurut pernyataan ini adalah :
Satuan frekwensi dalam SI adalah putaran per detik atau Hertz (Hz). Posisi pada saat resultan gaya bekerja pada partikel yang bergetar sama dengan nol disebut posisi seimbang.
Perhatikan sebuah benda massanya m digantungkan pada ujung pegas, pegas bertambah panjang. Dalam keadaan seimbang, gaya berat w sama dengan gaya pegas F, resultan gaya sama dengan nol, beban diam.



Dari kesimbangannya beban diberi simpangan y, pada beban bekerja gaya F, gaya ini cenderung menggerakkan beban  keatas. Gaya pegas merupakan gaya penggerak, padahal gaya pegas sebanding dengan simpangan pegas.
F = - k y             ;  k  tetapan pegas.
Mudah dipahami bahwa makin kecil simpangan makin kecil pula gaya penggerak. Gerakan yang gaya penggeraknya sebanding dengan simpangan disebut Gerak Harmonis ( Selaras ).


Bila beban dilepas dari kedudukan terbawah (A), beban akan bergerak bolak balik sepanjang garis A-O-B. Gerak bolak-balik disebut getaran dan getaran yang gaya penggeraknya sebanding dengan simpangannya disebut : Gerak Harmonis.
Simpangan yang terbesar disebut Amplitudo getaran (A).

Besar energi potensialnya : Ep = ½ ky2
Ketika simpangannya terbesar energi kinetiknya Ek = 0, sedangkan energi potensialnya Ep = ½ kA2 ….. Jadi energi getarannya  E = Ep + Ek = ½ kA2 + 0
E = ½ kA2
Energi kinetik saat simpangannya y dapat dicari dengan hukum kekekalan energi.
                              E = Ep + Ek
                              Ek = E – Ep = ½ kA2 – ½ ky2

FREKWENSI (f)
                 Gerakan dari A-)-B-O-A disebut satu getaran, waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran disebut PERIODE (T) dan banyaknya getaran yang dilakukan dalam satu detik disebut bilangan getar atau FREKWENSI
Dalam T detik dilakukan 1 getaran
Dalam 1 detik dilakukan getaran
                                  Jadi :   f =
Satuan T dalam detik, f dalam Hertz atau cps (cycles per sekon) atau rps (rotasi per sekon)


Getaran harmonik atau getaran selaras memiliki ciri frekuensi getaran yang tetap. Pernahkan kita mengamati apa yang terjadi ketika senar gitar dipetik lalu dilepaskan? kita akan melihat suatu gerak bolak-balik melewati
lintasan yang sama. Gerakan seperti ini dinamakan gerak periodik. Contoh lain gerak periodik adalah gerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi bumi), gerakan bulan mengelilingi bumi, gerakan benda yang tergantung pada sebuah pegas, dan gerakan sebuah bandul. Di antara gerak periodik ini ada gerakan yang dinamakan gerak harmonik.

Pengertian Getaran Harmonik

Gerak harmonik merupakan gerak sebuah benda dimana grafik posisi partikel sebagai fungsi waktu berupa sinus (dapat dinyatakan dalam bentuk sinus atau kosinus). Gerak semacam ini disebut gerak osilasi atau getaran harmonik. Contoh lain sistem yang melakukan getaran harmonik, antara lain, dawai pada alat musik, gelombang radio, arus listrik AC, dan denyut jantung. Galileo di duga telah mempergunakan denyut jantungnya untuk pengukuran waktu dalam pengamatan gerak.
Getaran HarmonikGerak benda pada lantai licin dan terikat pada pegas untuk posisi normal (a), teregang (b), dan tertekan (c)
Untuk memahami getaran harmonik, kita dapat mengamati gerakan sebuah benda yang diletakkan pada lantai licin dan diikatkan pada sebuah pegas . Anggap mula-mula benda berada pada posisi X = 0 sehingga pegas tidak tertekan atau teregang. Posisi seperti ini dinamakan posisi keseimbangan. Ketika benda ditekan ke kiri (X = –) pegas akan mendorong benda ke kanan, menuju posisi keseimbangan. Sebaliknya jika benda ditarik ke kanan, pegas akan menarik benda kembali ke arah posisi keseimbangan (X = +).
Gaya yang dilakukan pegas untuk mengembalikan benda pada posisi keseimbangan disebut gaya pemulih. Besarnya gaya pemulih menurut Robert Hooke dirumuskan sebagai berikut.
Fp = -kX
Tanda minus menunjukkan bahwa gaya pemulih selalu pada arah yang berlawanan dengan simpangannya. Jika kita gabungkan persamaan di atas dengan hukum II Newton, maka diperoleh persamaan berikut.
Fp = -kX = ma     atau      a=-\left ( \frac{k}{m} \right )X
Terlihat bahwa percepatan berbanding lurus dan arahnya berlawanan dengan simpangan. Hal ini merupakan karakteristik umum getaran harmonik.

Syarat Getaran Harmonik

Syarat suatu gerak dikatakan getaran harmonik, antara lain :
  1. Gerakannya periodik (bolak-balik).
  2. Gerakannya selalu melewati posisi keseimbangan.
  3. Percepatan atau gaya yang bekerja pada benda sebanding dengan posisi/simpangan benda.
  4. Arah percepatan atau gaya yang bekerja pada benda selalu mengarah ke posisi keseimbangan.

Periode dan Frekuensi Getaran Harmonik

a. Periode dan Frekuensi Sistem Pegas

kita telah mempelajari gerak melingkar beraturan di kelas X. Pada dasarnya, gerak harmonik merupakan gerak melingkar beraturan pada salah satu sumbu utama. Oleh karena itu, periode dan frekuensi pada pegas dapat dihitung dengan menyamakan antara gaya pemulih (F = -kX) dan gaya sentripetal (F = -4Ï€ 2 mf2X).
-4Ï€ 2 mf2X = -kX
4Ï€ 2 mf2 = k
f=\frac{1}{2\pi }\sqrt{\frac{k}{m}}\text{ atau }T=2\pi \sqrt{\frac{m}{k}}
Periode dan frekuensi sistem beban pegas hanya bergantung pada massa dan konstanta gaya pegas.

b. Periode dan Frekuensi Bandul Sederhana

Sebuah bandul sederhana terdiri atas sebuah beban bermassa m yang digantung di ujung tali ringan (massanya dapat diabaikan) yang panjangnya l. Jika beban ditarik ke satu sisi dan dilepaskan, maka beban berayun melalui titik keseimbangan menuju ke sisi yang lain. Jika amplitudo ayunan kecil, maka bandul melakukan getaran harmonik. Periode dan frekuensi getaran pada bandul sederhana sama seperti pada pegas. Artinya, periode dan frekuensinya dapat dihitung dengan menyamakan gaya pemulih dan gaya sentripetal.
Periode dan Frekuensi Bandul SederhanaGaya yang bekerja pada bandul sederhana
Persamaan gaya pemulih pada bandul sederhana adalah F = -mg sinθ . Untuk sudut Î¸ kecil (θ dalam satuan radian), maka sin Î¸Î¸ . Oleh karena itu persamaannya dapat ditulis F = -mg (\frac{X}{l}). Karena persamaan gaya sentripetal adalah F = -4Ï€ 2 mf2X, maka kita peroleh persamaan sebagai berikut.
-4Ï€ 2 mf2X = -mg (\frac{X}{l})
4Ï€ 2 f2 = \frac{g}{l}
f=\frac{1}{2\pi }\sqrt{\frac{k}{m}}\text{ atau }T=2\pi \sqrt{\frac{m}{k}}
Periode dan frekuensi bandul sederhana tidak bergantung pada massa dan simpangan bandul, tetapi hanya bergantung pada panjang tali dan percepatan gravitasi setempat.

Persamaan Getaran Harmonik

Persamaan getaran harmonik diperoleh dengan memproyeksikan gerak melingkar terhadap sumbu untuk titik yang bergerak beraturan.

a. Simpangan Getaran Harmonik

Simpangan getaran harmonik sederhana dapat dianggap sebagai proyeksi partikel yang bergerak melingkar beraturan pada diameter lingkaran. Gambar diabawah melukiskan sebuah partikel yang bergerak melingkar beraturan dengan kecepatan sudut Ï‰ dan jari-jari A. Anggap mula-mula partikel berada di titik P.
Simpangan Getaran HarmonikProyeksi gerak melingkar beraturan terhadap sumbu Y merupakan getaran harmonik sederhana.
Perhatikan gambar diatas. Setelah selang waktu t partikel berada di titik Q dan sudut yang ditempuh adalah θ = ωt = \frac{2 \pi t}{T}. Proyeksi titik Q terhadap diameter lingkaran (sumbu Y) adalah titik Qy. Jika garis OQy kita sebut y yang merupakan simpangan gerak harmonik sederhana, maka kita peroleh persamaan sebagai berikut.
Y = A sin Î¸ = A sin Ï‰ t = A sin \frac{2 \pi t}{T}
Besar sudut dalam fungsi sinus (θ ) disebut sudut fase. Jika partikel mula-mula berada pada posisi sudut Î¸0, maka persamaanya dapat dituliskan sebagai berikut.
Y = A sin θ = A sin(ω t + Î¸0) = A sin (\frac{2 \pi t}{T}+θ0)
Sudut fase getaran harmoniknya adalah sebagai berikut.
\theta =(\omega t+\theta _{0})=\left ( \frac{2\pi t}{T}+\theta _{0} \right )\text{ atau }\theta =2\pi \left ( \frac{t}{T} +\frac{\theta _{0}}{2\pi }\right )=2\pi \Phi
Karena Î¦ disebut fase, maka fase getaran harmonik adalah sebagai berikut.
\Phi =\frac{t}{T}+\frac{\theta _{0}}{2\pi }
Apabila sebuah benda bergetar harmonik mulai dari t = t1 hingga t = t2, maka beda fase benda tersebut adalah sebagai berikut.
\Phi =\Phi _{2}-\Phi _{1}=\frac{t_{2}-t_{1}}{T}=\frac{\Delta t}{T}
Beda fase dalam getaran harmonik dinyatakan dengan nilai mulai dari nol sampai dengan satu. Bilangan bulat dalam beda fase dapat dihilangkan, misalnya beda fase 2¼ ditulis sebagai beda fase ¼.

b. Kecepatan Getaran Harmonik

Kecepatan benda yang bergerak harmonik sederhana dapat diperoleh dari turunan pertama persamaan simpangan.
v_{y}=\frac{dy}{dt}=\frac{d}{dt}(A \text{ sin }(\omega t+\theta _{0}))
v_{y}=\omega A\text{ cos }(\omega t+\theta _{0})
Mengingat nilai maksimum dari fungsi cosinus adalah satu, maka kecepatan maksimum (vmaks) gerak harmonik sederhana adalah sebagai berikut.
vmaks = Ï‰ A

c. Percepatan Getaran Harmonik

Percepatan benda yang bergerak harmonik sederhana dapat diperoleh dari turunan pertama persamaan kecepatan atau turunan kedua persamaan simpangan.
a_{y}=\frac{dv_{y}}{dt}=\frac{d[\omega A\text{ cos }(\omega t+\theta _{0})]}{dt}=\omega A=\frac{d[\text{cos }(\omega t+\theta _{0})]}{dt}
ay = Ï‰ A [-ω sin (wt + Î¸ 0)]
ay = -ω 2A sin (ω t + Î¸ 0)
ay = -ω 2y
Karena nilai maksimum dari simpangan adalah sama dengan amplitudonya (y = A), maka percepatan maksimumnya (amaks) gerak harmonik sederhana adalah sebagai berikut.
amaks = –ω 2 A

Energi Getaran Harmonik

Benda yang bergerak harmonik memiliki energi potensial dan energi kinetik. Jumlah kedua energi ini disebut energi mekanik.

a. Energi Kinetik Gerak Harmonik

Cobalah kita tinjau lebih lanjut energi kinetik dan kecepatan gerak harmoniknya.
Karena Ek =½ mvy2 dan vy = A ω cos Ï‰ t, maka
E_{k}=\frac{1}{2}mA^{2}\omega ^{2}\text{ cos}^{2}\text{ atau }E_{k}=\frac{1}{2}kA^{2} \text{ cos}^{2}\omega t
Energi kinetik juga dapat ditulis dalam bentuk lain seperti berikut.
E_{k}=\frac{1}{2}m\omega ^{2}(A^{2}-y^{2})\text{ atau }E_{k}=\frac{1}{2}k(A^{2}-y^{2})
Ek maks = \frac{1}{2}m ω2 A2, dicapai jika cos2 Ï‰ t = 1. Artinya, Ï‰ t harus bernilai \frac{\pi}{2}, \frac{\pi }{3}, …, dan seterusnya.
y = A cos Ï‰ t
y = A cos \frac{\pi}{2}
y = A (di titik setimbang)
Ek min = 0, dicapai bila cos2 Ï‰ t = 0. Artinya, Ï‰ t harus bernilai 0, Ï€ , …, dan seterusnya.
y = A cos Ï‰ t
y = A cos 0
y = A (di titik balik)
Jadi, energi kinetik maksimum pada gerak harmonik dicapai ketika berada di titik setimbang. Sedangkan energi kinetik minimum dicapai ketika berada di titik balik.

b. Energi Potensial Gerak Harmonik

Besar gaya yang bekerja pada getaran harmonik selalu berubah yaitu berbanding lurus dengan simpangannya (F = ky). Secara matematis energi potensial yang dimiliki gerak harmonik dirumuskan sebagai berikut.
Ep = \frac{1}{2} ky2
Ep = \frac{1}{2} m Ï‰ 2 (A sin Ï‰ t)2
Ep = \frac{1}{2} m Ï‰ 2 A2 sin2 Ï‰ t
Ep maks = \frac{1}{2} m Ï‰ 2 Adicapai jika sin2 Ï‰ t = 1. Artinya Ï‰ t harus bernilai \frac{\pi}{2}, 3\frac{\pi}{2}, … , dan seterusnya
y = A sin \frac{\pi}{2}
y = A (di titik balik)
Ep min = 0, dicapai jika sin2 Ï‰ t = 0. Artinya, Ï‰ t harus bernilai 0, Ï€ , …, dan
seterusnya.
y = A sin Ï‰ t
y = A sin 0
y = 0 (di titik setimbang)

c. Energi Mekanik Gerak Harmonik

Energi mekanik sebuah benda yang bergerak harmonik adalah jumlah energi kinetik dan energi potensialnya.
E_{m}=\frac{1}{2}m\omega ^{2}A^{2}
Berdasarkan persamaan diatas, ternyata energi mekanik suatu benda yang bergetar harmonik tidak tergantung waktu dan tempat. Jadi, energi mekanik sebuah benda yang bergetar harmonik dimanapun besarnya sama.
Em = Ek maks = Ep maks
Em = \frac{1}{2} ω 2 A2 = \frac{1}{2} k A2
Energi Mekanik Gerak HarmonikKedudukan gerak harmonik sederhana pada saat Ep dan Ek bernilai maksimum dan minimum.

d. Kecepatan Benda yang Bergetar Harmonik

Untuk menghitung kecepatan maksimum benda atau pegas yang bergetar harmonik dapat dilakukan dengan menyamakan persamaan kinetik dan energi total mekaniknya dimana Ek = Em.
v_{m}=A\sqrt{\frac{k}{m}}
Sedangkan untuk menghitung kecepatan benda di titik sembarang dilakukan dengan menggunakan persamaan kekekalan energi mekanik









\text{Diketahui }\omega =\sqrt{\frac{k}{m}}g\text{, maka }v_{y}=\pm \sqrt{(A^{2}-y^{2})}





Pengertian Dimensi Energi

dimensi-energi-panas-kinetik-potensial
Dalam ilmu fisika, dimensi merupakan bagaimana caranya sebuah besaran tersusun di atas beberapa besaran-besaran pokok. Dimensi dalam ilmu fisika juga memiliki lambang dan simbol tersendiri yang mencirikan dimensi.
Untuk mengetahui dari dimensi maka yang perlu diketahui adalah besaran pokok yang mendasari dari dimensi itu sendiri. Apa saja yang perlu diketahui dari dimensi dari sebuah besaran pokok. Setelah mengetahui besaran pokok dari dimensi, maka bisa diketahui turunan dari dimensi termasuk salah satunya adalah dimensi energi.
Berikut beberapa besaran pokok yang terdapat pada dimensi antara lain adalah:
1. Panjang dengan simbol (m) sedangkan dimensinya adalah [L]
2. Massa dengan simbol (kg) sedangkan dimensinya adalah [M]
3. Waktu dengan simbol (s) sedangkan dimensinya adalah [T]
4. Suhu dengan simbol (K) sedangkan dimensinya adalah [0]
5. Kuat arus listrik dengan simbol (A) sedangkan dimensinya adalah [I]
6. Intensitas cahaya dengan simbol (Cd) sedangkan dimensinya adalah [J[
7. Jumlah zat dengan simbol (mol) sedangkan dimensinya adalah [N]
Setelah mengetahui besaran pokok dari dimensi, maka kita bisa mengetahui besaran dimensi dari energi. Seperti yang kita ketahui bahwa jumlah dari setiap energi bisa dihitung dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan.
Begitu juga dengan dimensi, setelah mengetahui besaran pokok maka dapat juga ditentukan rumus dari dimensi suatu energi. Jadi yang perlu dilakukan adalah merubah simbol besaran pokok dengan simbol dimensi. Pada paragraf selanjutnya akan kami jelaskan mengenai berbagai macam energi beserta rumus dari dimensi energi tiap-tiap energi tersebut.
Energi memiliki beberapa macam jenis energi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Energi itu sendiri bisa dihitung dengan menggunakan rumus yang telah ditetapkan. Berikut beberapa jenis energi berserta rumus dan dimensinya, yaitu:
1. Energi panas
Energi panas atau biasa disebut dengan energi kalor merupakan salah satu sumber energi terbesar di muka bumi ini. Berasal dari sinar matahari, energi panas dapat dimanfaatkan untuk kehidupan makhluk hidup. Bahkan energi panas ini bisa dirubah menjadi energi listrik dengan pembangkit tenaga listriknya. Energi panas ataupun energi listrik memiliki satuan yang disebut joule. Untuk menghitung jumlah energi panas, dapat dihitung dengan rumus berikut: joule (J) sedangkan dimensinya sendiri adalah [M][L]2[T]-2
2. Energi potensial dan energi kinetic
Energi kinetik dan energi potensial termasuk dalam energi mekanik atau energi gerak. Dimensi energi masing-masingnya memiliki dasar besaran satuan yang berbeda. Untuk energi kinetik satuan energinya adalah: kg.m2/s2. Dengan mengetahui satuannya dapat kita tarik dimensinya dengan simbol [M][L]2/[T]2. Sedangkan untuk energi potensial satuan energinya adalah: kg.m2/s2. Sedangkan untuk dimensinya adalah [M][L]2[T]2.




ingat Atur energi kehidupan seefisien mungkin agar memperoleh momentum waktu yang efektif  

 

 

Set recall life energy as efficiently as possible in order to gain momentum effective time


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar